OPINI  

Tingkatkan Bela Pengadaan Barang dan Jasa, Pemerintah Provinsi Jambi Gandeng Market Place MBIZ

Zabak.id, JAMBI – Bela Pengadaan merupakan aplikasi yang dikelola oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Republik Indonesia (LKPP RI) melalui kerja sama dengan Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik atau e-Marketplace MBIZ Market.

Kerjasama antara Mbizmarket dan LKPP ini  didasari oleh Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Keputusan Kepala LKPP Nomor 155 tahun 2020 tentang Penetapan Standar Operasional Prosedur Penetapan Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik atau E-marketplace Sebagai Mitra Program Bela Pangadaan di LKPP.

Bela Pengadaan merupakan program untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah menjadi Go Digital Melalui Proses Belanja Langsung Pemerintah Provinsi Jambi kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang tergabung dalam Marketplace. Tujuan Bela Pengadaan mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Go Digital dengan bergabung di marketpace.

Menjadikan Pengadaan Barang dan Jasa lebih inklusif, meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri, memanfaatkan market place dalam Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. Pada dasarnya aplikasi Bela Pengadaan MBIZ Market merupakan upaya untuk membangun transparansi dalam pengadaan Barang dan Jasa dilingkup Pemerintah Provinsi Jambi.

Baca Juga :  Mahasiswa KKN Lakukan Aksi Peduli Sosial di Tanjabbar

Selain itu, Pengadaan Barang dan Jasa dapat yang dilakukan melalui aplikasi MBIZ Market ini memberi kesempatan bagi usaha kecil untuk terus berkembang dengan menjadi Penyedia Barang dan Jasa. Transaksi yang dilakukan melalui e-marketplace diharapkan dapat mendorong transparansi sehingga mampu mengurangi potensi korupsi dalam pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Program Bela Pengadaan didukung dengan Surat Edaran Gubernur Jambi Nomor 5/SE/BPKPD-1/V/2022 Tentang Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang/ Jasa Dalam Pengelolaan keuangan Daerah Berbasis Elektronik dan Instruksi Gubernur Jambi Nomor 6/INGUB/SETDA/PBJ-1.3/2022 Tentang Tindak Lanjut Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Percepatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi dalam Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi.

Pemerintah Provinsi Jambi dapat mengakses Mbiz Market melalui Bela Pengadaan. Kerjasama ini diharapkan meningkatkan transparansi pada pengadaan dan proses belanja semakin efisien dan efektif. Mbiz Market siap mendukung Pemerintah Provinsi Jambi dalam hal pengadaan untuk berbagai kategori Barang dan Jasa yang dibutuhkan, mulai dari makan minum, alat tulis kantor, souvenir, transportasi, layanan kurir dan lain – lain yang mitra penyedia atau vendornya telah terdaftar di platform Mbizmarket.

Baca Juga :  73 Peserta Latihan Kader 1 Komisariat Dakwah dan Hukum Resmi Dibuka

Dalam dunia usaha dengan platform untuk bertransaksi secara elektronik (e-commerce), Mbizmarket unggul, karena memiliki model bisnis yang sesuai dengan Pengadaan Barang dan Jasa pemerintah, sehingga lebih diterima dan dipilih oleh berbagai daerah. Mbizmarket mampu mengadopsi tahapan belanja pemerintah, sehingga mempercepat proses transformasi dari transaksi secara konvensional menjadi transaksi digital.

Selain itu, payment yang dilakukan secara langsung ke rekening penyedia merupakan salah satu pertimbangan dalam pemanfaatan platform Mbiz Market. Platform Mbiz Market juga memberikan kepastian waktu pembayaran melalui fitur term of payment (TOP) dengan pemberian sanksi pemblokiran kepada pejabat pembuat komitmen (PPK) jika terlambat membayar.

Hal ini sangat membantu pelaku usaha terutama UMKM terkait dengan keterbatasan permodalan dan memberi harga terbaik. Mbizmarket adalah Marketplace dengan solusi untuk pelaku usaha, mulai dari solusi transaksi usaha, solusi promosi usaha, solusi e-procurement dengan didukung sistem yang baik, ketersediaan ratusan produk, dan juga ratusan penjual yang sudah terverifikasi serta terpercaya. Mbizmarket siap memenuhi kebutuhan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Baca Juga :  Wisuda STAI An-Nadwah Kuala Tungkal Sejumlah 161 Dari 4 Prodi

Mbiz Market hadir sebagai bentuk dari ekspansi strategis dalam bisnis dan skalabilitas. Pertama, skalabilitas untuk melayani lebih banyak tipe customer dengan segmen terbaru yaitu industri kecil dan menengah atau SME (Small Medium Enterprise). Kedua, skalabilitas ekosistem vendor/penjual yang lebih bervariasi dengan jangkauan yang meluas dan harga kompetitif. Mbizmarket.co.id siap menjadi solusi untuk pengadaan barang dan jasa secara online yang menjunjung transparansi, akuntabilitas, penghematan waktu dan biaya. Diharapkan produk – produk UMKM yang didalam Mbiz Market dapat lebih ditingkatkan lagi untuk penyerapan Pendapatan Bagi UMKM dan mendukung program Pemerintah.

Oleh: Ervan Efendi, ST (Mahasiswa Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Jambi).