Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Menurun Tetapi Masih Banyak Pengangguran? Ini Solusinya

Kamis, 21 Maret 2024 - 16:01 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh: Qurotul Aini*

Zabak.id, OPINI – Pengangguran merupakan orang yang tidak mempunyai pekerjaan sama sekali, sedang mencari pekerjaan, atau orang yang sedang berusaha mencari pekerjaan yang layak.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) adalah sebuah metrik yang mengukur proporsi tenaga kerja yang belum mendapatkan pekerjaan dalam pasar kerja, mencerminkan seberapa efektif pasokan tenaga kerja digunakan.

Pada bulan Agustus 2023, tingkat pengangguran terbuka menunjukkan angka sebesar 5,32 persen, yang berarti tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan sebesar 0,54 persen poin dari Agustus 2022.

Walaupun terus menurun, angka dan persentase pengangguran tetap lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi atau Agustus 2019, di mana jumlahnya mencapai 7,1 juta orang.

Berdasarkan jenis kelamin, tingkat pengangguran terbuka perempuan sebesar 5,15% sedangkan tingkat pengangguran terbuka Laki-laki sebesar 5,42%. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) untuk kedua jenis kelamin, laki-laki dan perempuan, menunjukkan pola penurunan yang sejalan dengan tren nasional, masing-masing sebesar 0,51 persen poin dan 0,60 persen poin jika dibandingkan dengan Agustus 2022.

Baca Juga :  Bukan Kader Rektorat

Kemudian jika dilihat dari segi geografis, TPT di perkotaan 6,40% jauh lebih tinggi dari pada di daerah perdesaan 3,88%. Tingkat pengangguran terbuka perkotaan mengalami penurunan sebesar 1,34% poin dari Agustus 2022, sedangkan Tingkat Pengangguran Terbuka di daerah perdesaan mengalami peningkatan sebesar 0,45%.

Pada bulan Agustus 2023, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada kelompok usia muda 15-24 tahun mencapai level tertinggi sebesar 19,40%, sementara kelompok usia tua 60 tahun ke atas memiliki tingkat terendah, yaitu sebesar 1,28%.

Pada bulan Agustus 2023, pola Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) berdasarkan tingkat pendidikan yang dicapai oleh angkatan kerja hampir sama dengan Agustus 2022.

Tingkat pengangguran terbuka untuk mereka yang tamat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih tetap menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan lulusan tingkat pendidikan lainnya sebesar 9,31%.

Baca Juga :  Ketika Pembangunan Zabaq Sirquit Mengalahkan Kebijakan Pembangunan Infrastruktur Untuk Masyarakat

Di sisi lain, tingkat pengangguran terbuka paling rendah terdapat pada mereka yang tamat pendidikan Sekolah Dasar (SD) ke bawah, yaitu sebesar 2,56%. Dibandingkan dengan bulan Agustus 2022, terjadi penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada hampir semua tingkat pendidikan.

Penurunan terbesar terjadi pada mereka yang tamat Sekolah Menengah Pertama, yakni sebesar 1,17%. Sementara itu, terjadi peningkatan TPT pada lulusan Diploma I/II/III dan lulusan Diploma IV, S1, S2, S3, dengan masing-masing peningkatan sebesar 0,20 persen poin dan 0,38 persen poin.

Berdasarkan data dari situs statistik real time Worldometers, pada tanggal 25 Januari 2024, jumlah penduduk dunia telah mencapai 8,08 miliar orang. India menjadi negara dengan populasi terbanyak, mencapai 1,44 miliar jiwa, diikuti oleh China dengan 1,43 miliar jiwa.

Amerika Serikat menempati posisi ketiga dengan populasi sebanyak 341,03 juta jiwa, sementara Indonesia berada di peringkat keempat dengan jumlah penduduk sebanyak 278,82 juta jiwa. Dengan populasi yang besar, Indonesia memiliki potensi bencana jika tidak dikelola dengan serius. Salah satu kunci utamanya adalah menciptakan lapangan kerja yang memadai.

Baca Juga :  Soal Pawang Hujan, Ingatlah SKM dan Warna Cawan yang Mirip Minyak Goreng

Ketenagakerjaan merupakan hal fundamental dalam kehidupan manusia, dengan sebagian besar penduduk dunia bergantung pada pekerjaan untuk mencari nafkah.

Tidak bisa dipungkiri bahwa masalah ketenagakerjaan sangat berkaitan dengan kesejahteraan rakyat, dan pemerintah memiliki tanggung jawab besar dalam hal ini.

Masyarakat Indonesia mengharapkan terobosan besar dari calon pemimpin mereka, terutama dalam hal menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan pekerja. Bagi kebanyakan orang, masalah ekonomi yang berkaitan dengan kebutuhan dasar mereka akan lebih mendesak daripada isu politik, demokrasi, atau Hak Asasi Manusia (HAM), bahkan lebih daripada isu korupsi.

Oleh karena itu, pembukaan lapangan kerja adalah prioritas utama yang diharapkan oleh masyarakat Indonesia, terutama kepada pemimpin negara yaitu presiden dan wakil presiden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Zabak.id. Mari bergabung di Channel Telegram "Zabak.id", caranya klik link https://t.me/zabak.id, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkait

Membangun Empati dan Kepedulian di Era Digital
Cara Mengurangi Peningkatan Prevalensi Stunting di Indonesia
Bukan Romi Hariyanto, Lawan Berat Al Haris Justru Fadhil Arief
Mubes HIMA IH UNJA Tidak Transparan? Legitimasinya Dipertanyakan
Kabupaten Kerinci Darurat Bencana, Mulai Dari PPPK, Bencana Alam Hingga Netralitas ASN Jelang Pemilu, Mahasiswa: PJ Bupati Harus Tegas Atau Diberhentikan
Gubernur Jambi di kancah Internasional
Tanjab Timur Butuh Pemimpin Visioner
Survei Pilpres Dari Perspektif Pendidikan Masyarakat

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 23:29 WIB

DPC PPP Tanjabbar Buka Pendaftaran Untuk Putra Putri Terbaik Daerah di Pilkada

Rabu, 24 April 2024 - 13:17 WIB

Aynur Ropik Turut Mendaftar di PKS Untuk Maju Sebagai Kepala Daerah di Tanjab Timur

Selasa, 23 April 2024 - 21:45 WIB

Polsek Jelutung Lakukan RJ Terhadap Seorang Bapak Curi Susu Untuk Anak, Kapolresta Jambi Serahkan 13 Kotak Susu

Selasa, 23 April 2024 - 20:40 WIB

H Bakri Kembali Sukses Perjuangkan Empat Ruas Jalan Untuk Tanjab Timur, Berikut Lokasinya!

Selasa, 23 April 2024 - 20:18 WIB

Al Haris Susul Romi Daftar ke Demokrat

Selasa, 23 April 2024 - 16:51 WIB

Gubernur Al Haris: Pemprov Jambi dan Kabupaten/Kota Butuh Pembinaan KPK

Selasa, 23 April 2024 - 16:30 WIB

Polsek Mendahara Ilir Amankan 30 Dus Steafoam Dalam Speed Boat Berisikan Baby Lobster

Selasa, 23 April 2024 - 13:21 WIB

Bawaslu Tanjab Timur Rekrut Ulang Petugas Panwascam, Berikut Jadwalnya;

Berita Terbaru

BERITA

Al Haris Susul Romi Daftar ke Demokrat

Selasa, 23 Apr 2024 - 20:18 WIB