Zabak.id, JAKARTA – Merayakan Hari Hak Konsumen Internasional yang bertepatan dengan bulan Ramadhan, pada Sabtu (15/3), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) membagikan ribuan paket takjil gratis serta voucher makan di rest area kepada pengguna jalan tol secara serentak di seluruh ruas tol yang dikelola Hutama Karya, baik di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) maupun di Jalan Tol JORR Seksi S & Akses Tanjung Priok. Mengusung tema “Transisi yang Adil Menuju Gaya Hidup yang Berkelanjutan”, peringatan ini menjadi wujud apresiasi Hutama Karya kepada para pengguna jalan tol sekaligus komitmen perusahaan mendukung pola konsumsi yang lebih bertanggung jawab. Dengan membagikan takjil berupa jajanan lokal dan bekerja sama dengan UMKM di rest area, Hutama Karya tidak hanya memberikan kenyamanan bagi pengguna selama perjalanan, tetapi juga mendorong keberlanjutan ekonomi masyarakat sekitar.
Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan bahwa pembagian dilakukan mulai pukul 16.30 WIB hingga menjelang waktu berbuka puasa di gerbang tol. Jenis takjil yang diberikan beragam, termasuk kurma, air mineral, serta makanan ringan seperti roti atau kue khas daerah. Sementara untuk voucher makan dengan besaran Rp 15.000,-/lembar yang dapat digunakan di tenant UMKM yang berada di rest area.
“Kegiatan ini akan rutin dilakukan selama bulan Ramadhan sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian Hutama Karya kepada pengguna jalan tol. Hari Hak Konsumen Internasional ini juga menjadi kesempatan bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan bagi pengguna jalan tol,” tutur Adjib.
Lebih lanjut, Adjib menambahkan bahwa kepuasan pelanggan merupakan elemen penting dalam keberlangsungan bisnis jalan tol yang dikelola. Berdasarkan survei PT SUCOFINDO, tingkat Indeks Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction Index) Tahun 2024 di 11 ruas jalan tol Hutama Karya mencapai 4,86 (skala 1-5) atau setara 97,12%, meningkat dari 4,65 pada 2023.
“Kami menargetkan tahun ini, CSI pengguna tol dapat mencapai 4,9 dari skala 5. Sebagai bentuk komitmen kami untuk meningkatkan pelayanan jalan tol, kami sangat terbuka dengan saran atau keluhan yang dapat disampaikan melalui media sosial jalan tol Hutama Karya di @hutamakaryatollroad atau website www.hutamakarya.com & media sosial resmi perusahaan @hutamakarya,” tutup Adjib Al Hakim, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.
Hutama Karya berharap aksi simpatik ini dapat memberikan pengalaman ramadhan dan mudik yang tenang dan menyenangkan di JTTS bagi masyarakat.
Sukartini, pengguna Jalan Tol Palembang – Prabumulih yang setiap hari melintasi tol tersebut mengapresiasi pembagian takjil ini.
“Alhamdulillah, kebetulan tadi tidak sempat beli takjil dulu, jadi sangat membantu pengguna jalan yang harus membatalkan puasa di jalan seperti saya ini. Terkait pelayanan tolnya pelayanannya bagus dan mempermudah akses saya setiap hari, tidak mengecewakan, semoga lebih sukses lagi dan jalan tolnya dapat semakin bermanfaat untuk masyarakat,” tutur Sukartini.
Hutama Karya menghimbau pengguna jalan untuk memantau akun resmi media sosial Hutama Karya di @HutamaKaryaTollRoad dan @HutamaKarya untuk mendapatkan informasi terkini mengenai operasional tol hingga informasi mudik dan apabila terjadi keadaan darurat dapat segera menghubungi Call Centre masing-masing cabang tol.