Gubernur Jambi Al Haris Ajak FKDM dan FKPT Untuk Jaga Ketentraman Masyarakat

Selasa, 22 Maret 2022 - 10:59 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Al Haris Sambutan Pada Pelantikan FKDM

Al Haris Sambutan Pada Pelantikan FKDM

Zabak.id –  Gubernur Jambi, Al Haris,S.Sos mengajak Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) untuk menjaga ketentraman masyarakat Provinsi Jambi. Hal tersebut disampaikan Al Haris pada acara Pengukuhan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT), bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (22/03/2022).

Al Haris mengatakan, kondisi aman dan kondusif dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, berbangsa dan bernegara sangat mendukung dalam melaksanakan program pembangunan. Kondisi aman dan kondusif merupakan prasyarat dalam keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan, baik pembangunan daerah maupun pembangunan nasional, sebaliknya jika kondisi tidak aman dan tidak kondusif, maka capaian tujuan pembangunan tidak akan bisa maksimal.

Baca Juga :  Sebelum di Lantik Jadi Gubernur Jambi, Al Haris Pantau Warga Isolasi Mandiri

Al Haris menuturkan, FKDM menjadi salah satu wadah yang berperan penting dalam upaya mewujudkan keamanan dan kondisi yang kondusif, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2019 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah. Dewan Penasehat FKDM mempunyai tugas pokok merumuskan bahan kebijakan dalam memelihara kewaspadaan dini masyarakat dan para pengurus FKDM mempunyai tugas pokok memfasilitasi, membina, dan mengkoordinasikan penyelenggaraan kewaspadaan dini masyarakat di daerah.

“Saya mengajak FKDM Provinsi Jambi dan FKDM Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi untuk terus meningkatkan sinergi, meningkatkan kesatupaduan untuk meningkatkan kinerja, juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan kondisi aman dan kondusif,” kata Al Haris.

Baca Juga :  Di Guyur Hujan Saat Tinjau Sekolah, H Bakri : Hujan Gini Makin Semangat Sayo Kerja

Lebih lanjut, Al Haris mengungkapkan, FKPT juga merupakan elemen penting untuk mewujudkan kondisi aman dan stabil, yang fungsinya saling mendukung dengan FKDM. “Saya juga menaruh harapan yang sama kepada Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Provinsi Jambi, agar terus meningkatkan kinerja dengan terus meningkatkan komunikasi, koordinasi, sinergi, dan kolaborasi semua pengurus dan dengan semua pemangku kepentingan,” ungkap Al Haris.

“Saya mengharapkan agar semua pengurus yang dikukuhkan bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, tentunya dengan berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku, serta didorong oleh kepedulian yang tinggi kepada masyarakat Provinsi Jambi,” pesan Al Haris.

“Saya yakin masyarakat Provinsi Jambi mendukung upaya kita untuk menjaga keamanan, kerukunan, dan kekondusifan Provinsi Jambi. Kecepatan dan ketepatan kita dalam merespon dan mengelola informasi, isu, serta persoalan merupakan faktor yang sangat menentukan, dan kolaborasi kita semua merupakan kunci kesuksesan,” pungkas Al Haris.

Baca Juga :  Hasil Pleno PPK Jaluko yang Panjang, Haris-Sani Dinyatakan Menang!

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jambi Mukti Said mengatakan, tujuan terlaksananya acara yaitu: pertama adalah sebagai wadah tokoh-tokoh masyarakat sebagai mitra pemerintah dalam menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat gunan mewujudkan ketentraman, ketertiban umum, dan stabilitas keamanan, yang kedua adalah mengantisipasi berbagai bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan melalui pendeteksi dini dan pencegahan dini dan yang terakhir adalah mewujudkan pemahaman dan kemampuan aparat kesatuan bangsa dan politik Provinsi Jambi maupun Kabupaten/Kota.(us/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Zabak.id. Mari bergabung di Channel Telegram "Zabak.id", caranya klik link https://t.me/zabak.id, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkait

Dumisake Pendidikan, Gubernur Jambi Al Haris Bantu Biaya SPP Ribuan Siswa Tak Mampu di Sekolah Swasta
Bawaslu Tanjab Timur Umumkan Hasil Akhir Seleksi Panwascam, Berikut Nama-namanya;
Diskominfo Provinsi Jambi Gelar Sosialisasi Kesadaran Keamanan Informasi Bagi Pimpinan
Gubernur Al Haris Pastikan Investor Aman di Provinsi Jambi
Abun Yani Dorong Kualitas SDM Modern Wujudkan Lumbung Ketahanan Pangan di Talang Duku Muaro Jambi 
Gubernur Al Haris Resmi Lantik Raden Najmi Sebagai Pj. Bupati Muaro Jambi dan Perpanjang Masa Jabatan Bachril Bakri
Gubernur Al Haris Minta Perpanjang Runway Landasan 2 Bandara Di Provinsi Jambi
Hadiri Hari Jadi Kecamatan Tabir Ulu, Wagub Sani Harap Seluruh Elemen Saling Bersinergi Demi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:16 WIB

Cek Nama-nama yang Lolos PPS se-Tanjab Timur

Sabtu, 25 Mei 2024 - 13:16 WIB

Serius Maju Pilgub Jambi, Safrial Lobi Partai di Jakarta

Jumat, 24 Mei 2024 - 10:06 WIB

Dumisake Pendidikan, Gubernur Jambi Al Haris Bantu Biaya SPP Ribuan Siswa Tak Mampu di Sekolah Swasta

Kamis, 23 Mei 2024 - 08:37 WIB

Bawaslu Tanjab Timur Umumkan Hasil Akhir Seleksi Panwascam, Berikut Nama-namanya;

Rabu, 22 Mei 2024 - 22:42 WIB

Posko-posko Tim Haris-Sani Kepung Tanjab Timur

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:39 WIB

Kantongi Dukungan 15 Kursi: Haris-Sani Mantap Berlayar di Pilgub Jambi 2024

Rabu, 22 Mei 2024 - 18:17 WIB

PPP dan PAN Mantap Usung Haris-Sani di Pilgub Jambi 2024

Rabu, 22 Mei 2024 - 18:11 WIB

Parah! Arie: 10 Tahun Pimpin Tanjab Timur, Romi Tidak Miliki Konsep Pembangunan

Berita Terbaru

BERITA

Cek Nama-nama yang Lolos PPS se-Tanjab Timur

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:16 WIB

BERITA

Serius Maju Pilgub Jambi, Safrial Lobi Partai di Jakarta

Sabtu, 25 Mei 2024 - 13:16 WIB

OPINI

Membaca Pilgub Jambi 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 07:55 WIB