HMI Tanjab Barat Dukung Penuh Produk Bracket yang di Kelola Poktan Rengas Lestari

Selasa, 21 Desember 2021 - 21:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Zabak.id – Ketua Umum HMI Cab. Tanjung Jabung Barat, Muhammad Luqman berkesempatan menghadiri rapat bersama Kelompok Tani (POKTAN) Rengas Lestari Desa Teluk Qulbi Kec. Betara bersama Diskoperindag Kabupaten Tanjung Jabung Barat, pada Selasa, (21/12/2021).

Adapun agenda rapat yang digelar di Aula kantor Koperindag adalah terkait produk yang dihasilkan oleh Kelompok Tani Rengas Lestari berupa “Bracket” (serupa arang) yang membutuhkan dukungan dari dinas terkait, untuk mendapatkan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) atas produk yang dihasilkan.

Muhammad Luqman mengawali sambutannya dengan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas produktivitas generasi muda yang tergabung di kelompok Tani Rengas Lestari yang berhasil menghasilkan sebuah produk yang punya potensi yang sangat luar biasa.

“Kita apresiasi produk bracket ini karena potensinya yang sangat luar biasa, mulai dari ketersediaan bahan baku yang melimpah berupa upih pinang yang selama ini hampir tidak pernah diperhatikan dan dipandang tidak punya nilai ekonomis tetapi mampu di sulap oleh kawan-kawan poktan menjadi produk yang punya kegunaan luar biasa “

Baca Juga :  Festival Jangkat Tampilkan Nasi Juo Makanan Nenek Moyang

Kemudian Luqman juga menambahkan bahwa, produk yang dihasilkan punya target pasar yg luas dan harga terjangkau”.

“Bracket ini juga punya target pasar yang besar dan luas karena bisa menjadi alternatif jika terjadi kelangkaan gass elpiji dan lebih dari itu harganya sangat terjangkau, ini harus kita dukung penuh agar apa yang menjadi kendala kawan-kawan POKTAN di lapangan bisa kita bantu untuk selesaikan”.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Ardyan Saputra selaku Ketua kelompok Tani Rengas Lestari yang menyampaikan bahwa kedepannya ini akan menjadi produk unggulan Daerah Tanjab barat, dan Ia berharap produk hasil poktan nya ini mendapatkan dukungan penuh oleh pemerintah Daerah.

“Kedepannya kita optimistis produk ini akan menjadi produk unggulan daerah Tanjung Jabung Barat karena mengingat potensinya yang begitu besar, dan kami berharap dukungan penuh dari pihak pemerintah terkait dengan Hak Cipta dari produk Bracket ini”. Ungkap Ardyan

Baca Juga :  DPRD Kota Jambi Gelar Paripurna Bahas Proker AKD

“Kami tidak ingin produk ini diambil alih oleh daerah lain, dan hari ini sudah ada perusahaan yang coba menghubungi saya untuk diajak bekerja sama dan siap untuk memberikan modal dengan syarat produk yang dihasilkan atas nama perusahaan nya tersebut, dan dengan tegas saya menolak karena saya peduli dengan kemajuan masyarakat yang ada di Tanjab barat khusus nya kecamatan Betara”. Tegas Ardyan.

Syafriwan selaku Kadis Koperindag Tanjab Barat, mengucapkan terimakasih atas kehadiran rekan-rekan Kelompok Tani (POKTAN), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang telah berkunjung sekaligusi berdiskusi terkait dengan persoalan yang dihadapi oleh poktan Rengas Lestari.

“Terimakasih atas kunjungan rekan – rekan Poktan, KNPI, dan HMI Tanjung Jabung Barat di Diskoperindag dan sekaligus mengawal kelompok tani rengas lestari dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang di hadapi terkait dengan hak cipta produk”.ungkapnya

Baca Juga :  Ahmad Jahfar, S.H, M.H : Semoga HMI Tanjab Barat Dapat Mewarnai Kehidupan Sosial dan Kemasyarakatan

Kemudian Syafriwan juga menjelaskan bahwa langkah yang akan ditempuh diawal adalah bahwa akan diuji lab terlebih dahulu agar mengetahui zat yang terkandung didalamnya.

“Adapun terkait HKI dari produk ini tentu akan kita perjuangkan sama-sama dan segera kita akan kordinasi dengan Diskoperindag Provinsi Jambi untuk Uji Lab guna mengetahui kandungan apa saja yang terkandung di dalam bracket ini”. tambahnya

Kemudian Syafriwan juga menyampaikan persyaratan yang lain yang harus dipenuhi juga sesegera mungkin di siapkan agar dalam proses kedepannya mudah.

“Kita sangat support apalagi ini perdana di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. persyaratan seperti nama produk, tempat, bahan baku, proses pembuatan tolong semua nya disiapkan sembari kita proses HKI nya”. tutupnya, (mal).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Zabak.id. Mari bergabung di Channel Telegram "Zabak.id", caranya klik link https://t.me/zabak.id, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkait

Wagub Sani: Santri Ponpes Irsyadul ‘Ibad Cikal Bakal Generasi Penerus Bangsa
Wagub Sani Minta FGD Penanganan Banjir Sungai Batang Merao Dapatkan Solusi Permanan
Berkat Kepemimpinan Gubernur Al Haris, Jambi Jadi Pusat Referensi Pelaksanaan Restorasi Gambut Nasional
Gubernur Al Haris: Perlu Langkah Strategis Meningkatkan Kesadaran Masyarakat
KPU Tanjab Timur Umumkan Lolos Administrasi PPK, Silahkan Cek Nama dan Tempat Tes Disini!
Gubernur Al Haris: Tahun Ini Kita Bangun Jalan Rantau Kermas Menuju Tanjung Kasri Jangkat
Kesbangpol Tanjab Timur Gelar Sosialisasi Penguatan Wawasan Kebangsaan Bagi Calon Paskibraka dan Purna paskibraka
Sekda Sudirman: Program Dumisake Bantu Pekerja Tingkatkan Kesejahteraan Hidup

Berita Terkait

Rabu, 8 Mei 2024 - 18:21 WIB

Gubernur Al Haris: Memimpin Jambi Menuju Keberlanjutan Gambut Nasional

Rabu, 8 Mei 2024 - 17:48 WIB

Kembalikan Formulir ke PDIP, Al Haris: Saya Berharap 2024 Mengulang Kembali Masa Perjuangannya

Rabu, 8 Mei 2024 - 17:01 WIB

Wagub Sani: Santri Ponpes Irsyadul ‘Ibad Cikal Bakal Generasi Penerus Bangsa

Rabu, 8 Mei 2024 - 16:39 WIB

PAN Keluarkan 2 Rekomendasi Bacalon Bupati Tanjab Timur, Berikut Pernyataan Masing-masing Tim dan KPU!

Rabu, 8 Mei 2024 - 12:40 WIB

Jambi didalam sorotan Nasional dan Internasional 

Selasa, 7 Mei 2024 - 22:16 WIB

Kembalikan Formulir Bacabup ke PDIP, MT di Beri Bunga dari Megawati Sebagai Bentuk Cinta

Selasa, 7 Mei 2024 - 14:51 WIB

Wagub Sani Minta FGD Penanganan Banjir Sungai Batang Merao Dapatkan Solusi Permanan

Selasa, 7 Mei 2024 - 12:29 WIB

Berkat Kepemimpinan Gubernur Al Haris, Jambi Jadi Pusat Referensi Pelaksanaan Restorasi Gambut Nasional

Berita Terbaru

BERITA

Jambi didalam sorotan Nasional dan Internasional 

Rabu, 8 Mei 2024 - 12:40 WIB