Muslimin Tanja, Tanjabtim Memanggilmu

Rabu, 11 Agustus 2021 - 10:32 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh: Arwin Saputra*

Zabak.id – Sosok Muslimin Tanja dikenal sebagai pengamat politik Puspoll Indonesia. Karirnya di ibu kota terbilang gemilang. Pasalnya, pria kelahiran Desa Lambur Luar, Kecamatan Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur 39 tahun silam itu, selain dikenal sebagai pengamat juga aktif di organisasi. Menjadi pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sewaktu kuliah starata satu di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan sekarang menjabat sebagai ketua organisasi Badan Musyawarah Keluarga Jambi (BMKJ) Jakarta periode 2020-2024.

Organisasi BMKJ merupakan paguyuban sebagai wadah masyarakat jambi yang berdomisili di Jakarta. Muslimin dipercaya untuk memimpin organisasi perantauan itu menggantikan Syafril Nursal yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum BMKJ Nasional.

Baca Juga :  Waktu

Sebelum menahkodai BMKJ. Muslimin dalam kesehariannya menjabat sebagai Direktur Riset Charta Politika sejak tahun 2010. Berkat tangan dinginnya bersama pimpinan Yunarto Wijaya sebagai Direktur Eksekutif, ditahun 2019 Charta Politika Indonesia meraih penghargaan “Indonesian Business, Professional and Education Award 2019” kategori “The Most Trusted Survey Institution With Service Excellent of The Year.” Penghargaan itu merupakan wujud apresiasi atas kegigihan, prestasi, dan sumbangsih Charta Politika Indonesia dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat yang bermanfaat bagi kemajuan serta kesejahteraan bangsa.

Penghargaan itu diberikan oleh PT Sembilan Bersama Media berdasarkan rekomendasi dari kementerian, lembaga swadaya masyarakat, dan swasta, dengan harapan semakin meningkatkan kinerja dan kreativitas pribadi, kemajuan institusi, serta perusahaan.

Baca Juga :  Ketika Pembangunan Zabaq Sirquit Mengalahkan Kebijakan Pembangunan Infrastruktur Untuk Masyarakat

Setelah selesai dari Charta Politika Indonesia, Muslimin mendirikan Lembaga Survei Puspoll Indonesia bersama rekannya pada September 2020 menjabat sebagai Direktur Eksekutif.

Puspol Indonesia menyediakan akses kerjasama, pelayanan, dan pengembangan riset, menjadi pusat informasi dan database, menyediakan jasa konsultasi berbasis ilmiah pada pihak yang membutuhkan, menerbitkan dan mempublikasikan produk lembaga melalui buku dan jurnal.

Berkat pengalamannya yang banyak juga Muslimin sebagai founder berhasil membangun Puspoll dengan cepat. Puspoll kini mendapat banyak kepercayaan dari banyak client.

Dengan kiprahnya dikanca nasional, Muslimin Tanja dinilai sebagai sosok yang tepat untuk memimpin Kabupaten Tanjung Jabung Timur periode kedepan, dengan berbekal pengalaman diorganisasi dan sebagai pengamat politik. Dan juga wajahnya selalu menghiasi layar kaca telivisi sebagai narasumber baik di TV lokal maupun nasional.

Baca Juga :  Pantun dan Seloko

Meski kontestasi pilkada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur masih terbilang lama. Yakni akan digelar pada tahun 2024 mendatang. Berbekal pengalaman dan jaringan didaerah hingga dipusat dan dekat dengan petinggi serta pimpinan partai politik menjadikan Muslimin sosok yang perlu diperhitungkan di pilkada mendatang.

Diusianya yang masih terbilang muda. Muslimin Tanja memiliki peluang untuk maju merebut kursi nomor 1 dibumi yang berjuluk Sepucuk Nipah Serumpun Nibung itu.

“Muslimin Tanja Pulanglah, Kabupaten Tanjung Jabung Timur Memanggilmu.”

*Penulis : Seorang Jurnalis Jambi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Zabak.id. Mari bergabung di Channel Telegram "Zabak.id", caranya klik link https://t.me/zabak.id, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkait

Evolusi Visi ‘Jambi Mantap Terdepan’
Membangun Empati dan Kepedulian di Era Digital
Cara Mengurangi Peningkatan Prevalensi Stunting di Indonesia
Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Menurun Tetapi Masih Banyak Pengangguran? Ini Solusinya
Bukan Romi Hariyanto, Lawan Berat Al Haris Justru Fadhil Arief
Mubes HIMA IH UNJA Tidak Transparan? Legitimasinya Dipertanyakan
Kabupaten Kerinci Darurat Bencana, Mulai Dari PPPK, Bencana Alam Hingga Netralitas ASN Jelang Pemilu, Mahasiswa: PJ Bupati Harus Tegas Atau Diberhentikan
Gubernur Jambi di kancah Internasional

Berita Terkait

Jumat, 3 Mei 2024 - 16:39 WIB

Kesbangpol Tanjab Timur Gelar Sosialisasi Penguatan Wawasan Kebangsaan Bagi Calon Paskibraka dan Purna paskibraka

Jumat, 3 Mei 2024 - 14:33 WIB

Sekda Sudirman: Program Dumisake Bantu Pekerja Tingkatkan Kesejahteraan Hidup

Jumat, 3 Mei 2024 - 09:49 WIB

Dihadiri Ratusan Warga, MT Bagi-bagi Doorprize Saat Nobar Timnas vs Irak

Kamis, 2 Mei 2024 - 19:33 WIB

Gagal Tundukkan Irak, Peluang Indonesia Tampil di Olympiade Paris Makin Tipis. Lawan Guinea Bukan Kaleng kalengan..?

Kamis, 2 Mei 2024 - 19:24 WIB

KPU Tanjab Timur Gelar Rakor Sosialisasi Penyerahan Dukungan Calon Perseorang Untuk Pilbup

Kamis, 2 Mei 2024 - 13:26 WIB

Pentingnya Pendidikan, Kohati Tanjab Barat Gelar Lomba Mewarnai Tokoh Ki Hajar Dewantara

Kamis, 2 Mei 2024 - 11:00 WIB

Sukseskan Tahapan Pilkada, KPU Tanjab Timur Rekrut PPS: Berikut Tata Cara dan Syaratnya

Senin, 29 April 2024 - 22:46 WIB

Sambangi Ketua PWI Kota Jambi, Ini Yang Disampaikan Kepala Imigrasi Kelas I TPI Jambi

Berita Terbaru

OPINI

Evolusi Visi ‘Jambi Mantap Terdepan’

Kamis, 2 Mei 2024 - 19:45 WIB