Sekdaprov Jambi : Lulusan UM Jambi Diharapkan Miliki Jiwa Entrepreneurship

Jumat, 18 Februari 2022 - 01:01 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Zabak.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, H.Sudirman,S.H.,M.H., mengharapkan para lulusan Universitas Muhammadiyah Jambi (UM J) selain menjadi insan insan cendikia yang berkualitas dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan pengetahuan agama, juga memiliki jiwa entrepreneurship.

Hal tersebut disampaikan Sekda saat menghadiri Sidang Terbuka UMJ pada Wisuda Sarjana ke-3 Tahun Akademik 2021-2022, bertempat di bertempat Abadi Convention Center (ACC) Jambi, Rabu (16/02/2022).

Sekda mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati UMJ, yang telah menyelesaikan tahapan dalam fase pendidikannya. Wisuda hendaknya tidak hanya menjadi acara seremonial semata, tetapi juga sebagai evaluasi oleh semua pihak terhadap penyelenggaraan pendidikan dan proses pembelajaran di perguruan tinggi.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi, saya menyampaikan apresiasi kepada UMJ, atas kiprah dan pengabdiannya di dunia pendidikan selama ini. Terima kasih telah turut mewarnai proses perjalanan masyarakat Provinsi Jambi dengan cita cita penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujar Sekda.

Baca Juga :  Haris-Sani Resmi Dilantik Jokowi, Agus Rama : Selamat Bertugas Pak Gubernur dan Pak Wagub Jambi

Sekda menuturkan, mendapatkan gelar, selain sebagai kebanggaan juga merupakan tantangan untuk tahapan berikutnya menghadapi masa yang serba teknologi saat ini .

“Jangan terlena dan berpuas diri, setelah ini kehidupan baru menanti saudara-saudari sekalian, baik bagi yang mencari pekerjaan, berwirausaha bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, maupun yang akan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, serta yang akan melanjutkan pengabdiannya kembali pada lingkungan kerja dan masyarakat, yang
semuanya bermuara pada peningkatan ekonomi,* tutur Sekda.

Sekda mengungkapkan, saat ini bangsa Indonesia berada di era Industri 4.0 dan akan menyongsong era Society 5.0 dengan kecanggihan teknologi dan era
digital.

Kemajuan teknologi bahkan telah menciptakan Artificial Intellegiences/AI (kecerdasan buatan) yang memungkinkan banyaknya pekerjaan yang mampu
dilakukan oleh robot, ungkap Sekda.
Untuk itu para wisudawan dan wisudawati harus menyiapkan diri dengan berbagai kompetensi dan keahlian sehingga siap menyongsong era kemajuan teknologi.

Baca Juga :  Ikuti Rakernas, DPW BM PAN Provinsi Jambi Akan Rangkul Pemuda Menangkan Pemilu 2024

“Kemajuan teknologi yang disatu sisi mengurangi jumlah tenaga kerja, namun pada sisi lain bisa membuka peluang peluang usaha lain, terutama yang menggunakan platform digital bisa menjadi salah satu pilihan berusaha guna menciptakan kemandirian ekonomi,” lanjut Sekda.

Lebih lanjut, Sekda berpesan kepada para wisudawan-wisudawati agar terus meningkatkan kompetensi, karena yang memiliki kompetensi sangat baik akan memiliki daya saing tersendiri. Kompetensi dan daya saing yang baik akan terbentuk dengan adanya keilmuan (knowledge), keterampilan (skill), dan cara berpikir dan sikap (attitude).

“Jangan hanya berpikiran untuk menjadi ASN atau tenaga kerja formal, tetapi berpikiran lebih terbuka dan berusaha untuk menjadi wirausaha, maka belajar dan berusahalah untuk menjadi entrepreneur dengan melahirkan dan menumbuhkan usaha ekonomi kreatif karena ekonomi kreatif dapat menjadi pilar yang sangat penting dalam perekonomian daerah dan nasional,” pesan Sekda.

Baca Juga :  Gubernur Jambi Al Haris Tinjau Dapur Umum Lokasi Banjir di Bungo

Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi, Dr.Nurdin,S.E.,M.E., mengatakan, UMJ terus berupaya untuk berkembang dan memacu diri sebagai sebuah PTS yang menjadi kebanggaan masyarakat Jambi dengan motto yaitu Profesional, Enterpreneur dan Islami. Ada beberapa perkembangan kinerja UMJ baik dalam aspek akademik, kemahasiswaan dan perkembangan pembangunan infrastruktur kampus UMJ.

“Atas nama pimpinan dan seluruh civitas akademika UMJ mengucapkan selamat kepada para wisudawan wisudawati, dan senantiasa terus meningkatkan kualitas diri dan mampu menyumbangkan ilmunya ditengah tengah masyarakat serta terus meningkatkan keterampilan, keahlian dan profesionalitas diri,” kata Nurdin. (us/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Zabak.id. Mari bergabung di Channel Telegram "Zabak.id", caranya klik link https://t.me/zabak.id, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkait

Romi Panik, Dukung Laza, Hich atau Istri Sendiri di Pilbup Tanjabtim 2024
Sinyal Gerindra Dukung Haris-Sani Menguat, Haris-Sani Hadiri Acara di Rumah SAH
Mess Jambi di Masa Gubernur Jambi Al Haris (1) : Tak Ada Lagi Kesan Angker
Sering Salahgunakan Profesi, JMSI: Tendik di Minta Jangan Takut dan Gentar Hadapi Oknum Wartawan
Gubernur Al Haris Terima Penghargaan dari Densus 88, Berperan Dukung Pencegahan Terorisme dan Deradikalisasi Eks Napiter
Injury Time, KPU Tanjab Timur Tidak Menerima Berkas Pendaftar Calon Perseorangan
Gubernur Al Haris: Alumni UNJA Harus Tetap Kompak
Wagub Sani : Turnamen Ekshibisi Dies Natalis Unja Jalin Kebersamaan, Perkuat Pembangunan

Berita Terkait

Minggu, 19 Mei 2024 - 23:55 WIB

Ketua FMP2J : Jangan Percaya Oknum Pengamat Politik yang Nyaleg Bae Gagal

Minggu, 19 Mei 2024 - 17:35 WIB

Final dari PAN! Pilgub Jambi Al Haris dan Pilbup Tanjab Timur Laza, Kemanakah Romi Kader Murni akan Berlabuh?

Minggu, 19 Mei 2024 - 14:35 WIB

Romi Panik, Dukung Laza, Hich atau Istri Sendiri di Pilbup Tanjabtim 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 11:49 WIB

Yudi Hariyanto EY Tegas Dukung Al Haris Untuk Gubernur Periode ke 2, ini Kata sekjen DPD NasDem Tanjab Timur

Sabtu, 18 Mei 2024 - 20:11 WIB

KPU Jambi di Minta Waspada, Diduga ada Oknum Cakada Pecandu Narkoba

Sabtu, 18 Mei 2024 - 18:00 WIB

Gelar Halal Bi Halal, APDESI Jambi Solid Dukung Program Jambi Mantap

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:01 WIB

Sinyal Gerindra Dukung Haris-Sani Menguat, Haris-Sani Hadiri Acara di Rumah SAH

Sabtu, 18 Mei 2024 - 09:20 WIB

Mess Jambi di Masa Gubernur Jambi Al Haris (1) : Tak Ada Lagi Kesan Angker

Berita Terbaru