RSUD Raden Mattaher Akhirnya Buka Pelayanan Tindakan Cooling Secara Gratis

Sabtu, 11 Februari 2023 - 14:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Zabak.id, JAMBI – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi, menghadirkan dan akan membuka pelayanan untuk tindakan coiling, yakni teknik operasi otak bagi pasien penyakit stroke, yang tidak menggunakan teknik pembedahan, seperti selama ini dilakukan. Hal ini disampaikan RSUD Raden Mattaher Jambi melalui pers rilis yang diterima media ini, Jumat (10/2/2023).

Para dokter spesialis bedah saraf (Neurologi), pada Jumat (10/2/2023) melakukan tindakan coiling pada salah satu pasien penderita stroke yang mengalami pembengkakan pada pembuluh darah otaknya. Pembengkakan tersebut disebabkan oleh stroke yang diderita pasien.

Operasi itu dilakukan dengan Program Pengampuan Stroke Nasional, yang diprogramkan oleh Kementrian Kesehatan. Jadi hampir semua rumah sakit vertical yang telah memiliki sumber daya manusia dan prasarananya diharapkan mampu memberikan pelayanan operasi coiling untuk masyarakat sekitarnya.

Operasi yang dimulai dengan proses anestesi pada pukul 08.32 WIB tersebut dimulai dengan tindakan pada pukul 08.45 WIB dan berakhir pada pukul 09.59 WIB.

Baca Juga :  Resmi Sandang Gelar Doktor, M Junaedi Habe Jadi Mahasiswa Doktoral Lulus Tercepat di UIN STS Jambi

Operasi dipimpin oleh dr Bambang, dokter yang baru-baru ini juga melakukan tindakan yang sama terhadap Indra Bekti, operasi tersebut berlangsung sukses. Kondisi pasien dalam keadaan stabil dan tidak terjadi sesuatu yang mengkhawatirkan pada saat operasi berlangsung.

“Alhamdulillah operasi berlangsung dengan baik. Kami minta doa semuanya, agar tidak terjadi hal hal mengkhawatirkan pada pasien pascaoperasi ini,” pinta dr Bambang.

Menurutnya, kondisi pasien bisa dipastikan aman dan melewati masa kritis dalam 24 jam. Jika dalam 24 jam tidak terjadi kondisi pendarahan, atau komplikasi lainnya, artinya pasien aman dan masuk ke dalam tahap pemulihan.

Tahap pemulihan, menurut dr Bambang, berlangsung kurang lebih selama 90 hari. Karena itu, pasien diminta tidak beraktivitas seperti biasa dalam rentang waktu tersebut. Karena akan mengakibatkan drop dan munculnya komplikasi jika pasien mengalami kelelahan.

Pada enam hingga 12 bulan ke depan, akan dilakukan evaluasi kembali terhadap kondisi pasien. Untuk melihat kondisi terakhir pasca coiling.

Baca Juga :  Bupati Tanjab Barat Resmi Lantik 43 Kades Periode 2022-2027

Sementara itu, tim dokter dari RSUD Raden Mattaher Jambi, dr Hendra Irawan menyatakan operasi ini adalah operasi pertama yang dilakukan tim dari RS PON untuk membantu RSUD Raden Mattaher melakukan tindakan coiling. Sementara itu, operasi ini adalah operasi yang keempat kalinya berlangsung di RSUD Raden Mattaher.

Namun operasi kali ini dilakukan dengan adanya bantuan program pengampuan dari Kemenkes. Pada Februari 2023 ini, menurut dr Bambang, pemerintah melalui Kemenkes telah mengeluarkan tarif baru, sehingga operasi bisa dilaksanakan dengan menggunakan BPJS, meski tidak ditanggung secara keseluruhan pembiayaannya.

Sementara di Jambi sendiri, pembiayaan ditanggung secara keseluruhan oleh BPJS dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. Jadi tidak ada tambahan biaya yang nantinya akan dikeluarkan lagi oleh pasien.

Apa Itu Operasi Coiling?

Coiling sendiri, adalah operasi kelainan pada syaraf otak, yang dilakukan tanpa tindakan pembedahan, melainkan dengan tindakan memasukkan coil melalui akses pembuluh darah ke lokasi target, sehingga darah tidak lagi masuk ke dalam kantong aneurisma yang pecah tersebut. Dengan tindakan ini, diharapkan tidak akan kembali mengalami pecah pembuluh darah.

Baca Juga :  Viral! Video Diduga Berasal Dari Helikopter yang Jatuh di Kerinci

Operasi ini sebenarnya sudah lama dilakukan di Indonesia, namun terkendala dan belum banyak dilakukan oleh banyak penderita stroke dan RS di Indonesia, karena besarnya biaya yang dibutuhkan untuk melakukan tindakan tersebut.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Raden Mattaher Jambi, dr Anton Trihartanto mengatakan bahwa saat ini RSUD Raden Mattaher menyatakan mampu melakukan tindakan operasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat penderita stroke tersebut.

Persoalan biaya pun tidak lagi menjadi persoalan, karena Pemerintahan Provinsi Jambi telah menyanggupi untuk membantu pembiayaan operasi pasien pasien tersebut dengan kucuran dana dari Dumisake (dua miliar satu kecamatan) Pemprov Jambi.

Guna meningkatkan pelayanan, RSUD Raden Mattaher memberikan operasi coiling gratis bagi masyarakat Jambi. Selain itu, menurut Anton, BPJS juga memberikan kesepakatan untuk menutupi sebagian pembiayaan untuk operasi yang dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Zabak.id. Mari bergabung di Channel Telegram "Zabak.id", caranya klik link https://t.me/zabak.id, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkait

DPC PPP Tanjabbar Buka Pendaftaran Untuk Putra Putri Terbaik Daerah di Pilkada
Aynur Ropik Turut Mendaftar di PKS Untuk Maju Sebagai Kepala Daerah di Tanjab Timur
Polsek Jelutung Lakukan RJ Terhadap Seorang Bapak Curi Susu Untuk Anak, Kapolresta Jambi Serahkan 13 Kotak Susu
H Bakri Kembali Sukses Perjuangkan Empat Ruas Jalan Untuk Tanjab Timur, Berikut Lokasinya!
Al Haris Susul Romi Daftar ke Demokrat
Gubernur Al Haris Kukuhkan Gugus Tugas Bisnis dan HAM Provinsi Jambi
Gubernur Al Haris: Pemprov Jambi dan Kabupaten/Kota Butuh Pembinaan KPK
Polsek Mendahara Ilir Amankan 30 Dus Steafoam Dalam Speed Boat Berisikan Baby Lobster

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 23:29 WIB

DPC PPP Tanjabbar Buka Pendaftaran Untuk Putra Putri Terbaik Daerah di Pilkada

Rabu, 24 April 2024 - 13:17 WIB

Aynur Ropik Turut Mendaftar di PKS Untuk Maju Sebagai Kepala Daerah di Tanjab Timur

Selasa, 23 April 2024 - 21:45 WIB

Polsek Jelutung Lakukan RJ Terhadap Seorang Bapak Curi Susu Untuk Anak, Kapolresta Jambi Serahkan 13 Kotak Susu

Selasa, 23 April 2024 - 20:40 WIB

H Bakri Kembali Sukses Perjuangkan Empat Ruas Jalan Untuk Tanjab Timur, Berikut Lokasinya!

Selasa, 23 April 2024 - 20:18 WIB

Al Haris Susul Romi Daftar ke Demokrat

Selasa, 23 April 2024 - 16:51 WIB

Gubernur Al Haris: Pemprov Jambi dan Kabupaten/Kota Butuh Pembinaan KPK

Selasa, 23 April 2024 - 16:30 WIB

Polsek Mendahara Ilir Amankan 30 Dus Steafoam Dalam Speed Boat Berisikan Baby Lobster

Selasa, 23 April 2024 - 13:21 WIB

Bawaslu Tanjab Timur Rekrut Ulang Petugas Panwascam, Berikut Jadwalnya;

Berita Terbaru

BERITA

Al Haris Susul Romi Daftar ke Demokrat

Selasa, 23 Apr 2024 - 20:18 WIB