Hadiri Pelantikan APPM, Gubernur Al Haris Dukung Tanaman Porang Jadi Komoditi Unggulan

Jumat, 14 Januari 2022 - 15:54 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gubernur Jambi Jadikan Tanaman Porang jadi Komoditi Unggulan

Gubernur Jambi Jadikan Tanaman Porang jadi Komoditi Unggulan

Zabak.id – Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi akan mendorong dan mendukung tanaman porang agar bisa menjadi komiditi unggulan di Provinsi Jambi.

Hal ini dinyatakan Al Haris pada acara Tanam Perdana Porang dan Pelantikan Asosiasi Petani Porang Merangin (APPM), bertempat di Desa Langling Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin, Jum’at (14/01/2022).

“Saya telah mendengar secara langsung testimoni dari petani porang yang menanam 4 ribu batang di lahan seluas lebih kurang ¼ hektare dengan mendapatkan hasil sebanyak lebih kurang 5 ton, dimana perkilonya berada pada harga Rp.6.500,-. Artinya ini tanaman porang ini menjanjikan dan merupakan kesempatan yang baik untuk kita semua, Pemerintah Provinsi Jambi akan terus mendorong para petani untuk bertani tanaman porang sehingga bisa menjadi komidit inggulan di Provinsi Jambi,” ujar Al Haris.

Al Haris menuturkan, tanaman porang merupakan salah satu produk pertanian Indonesia yang saat ini sudah mulai booming, baik di dalam negeri maupun di luar negeri karena tanaman porang mudah cara penanaman dan perawatannya. Kabupaten Merangin memiliki potensi lahan yang cukup luas untuk melakukan penanaman porang, ini merupakan peluang bagi masyarakat Merangin dalam mengembangkan tanaman porang.

Baca Juga :  Sukses Gelar RAK Ke-IV, Dayat Terpilih Sebagai Nahkoda Baru KOMTAR

Pemerintah Provinsi Jambi akan mendorong dan mendukung tanaman porang menjadi komoditi unggulan tentunya dibantu oleh masyarakat yang benar benar serius pada komiditi porang ini.

“Kita akan mempersiapkan pangsa pasar, hilirisasi tanaman porang ini sehingga bernilai tinggi di pasaran serta mempersiapkan hal lainnya,” tutur Al Haris.

Al Haris mengingatkan petani untuk tidak ragu ragu dan takut dalam melakukan penanaman porang, karena kedepannya tanaman porang ini sangat menjanjikan. Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi untuk membantu petani tanaman porang, mulai dari proses penanaman sampai penjualan, terutama dalam memastikan pangsa pasar.
Tanaman porang saat ini sudah konsumsi dunia dan masuk kedalam program Bapak Presiden Joko Widodo.

“Penanaman porang memiliki beberapa manfaat antara lain, untuk menunjang terwujudnya ketahanan pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya perekonomian Kabupaten Merangin karena sangat menjanjikan,” kata Al Haris.

Al Haris berpesan kepada asosiasi dan para petani untuk terus semangat dalam upaya pengembangan porang bukan hanya sesaat saja, tetapi niat dan tekad harus kuat sehingga dapat terus berkelanjutan. Pemerintah Provinsi Jambi turut berusaha membantu petani dan asosiasi dalam menciptakan nilai tambah bagi tanaman porang, sehingga menghasilkan manfaat yang maksimal bagi Provinsi Jambi.

Baca Juga :  KPU Tanjab Timur Gelar Pleno Rekapitulasi PSU Berjalan Kondusif Aman dan Tertib

Lebih lanjut Al Haris mengungkapkan, masyarakat bisa menggunakan secara maksimal terkait penyerahan kartu tani, bantuan bibit padi, jagung, dan alat pengolahan pupuk organik kepada petani dalam upaya meningkatkan produktivitas dan kualitas produk produk pertanian.

*Kartu tani merupakan bentuk perlindungan pemerintah kepada petani sesuai dengan Undang Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, serta rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), supaya pupuk bersubsidi bisa tepat sasaran
Salah satu cara untuk mendapatkan pupuk bersubsidi adalah dengan kartu tani yang pendataannya sudah berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan ditetapkan melalui elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (eRDKK),” ungkap Al Haris.

Sekretaris Daerah Kabupaten Merangin, Fajarman mengatakan, APPM ini sudah terbentuk pada bulan Agustus 2021 dan Pemerintah Kabupaten Merangin membuat surat pada tanggal 31 Desember 2021. “Alhamdulillah sebagian anggota sudah menikmati hasil dari tanaman porang dan sebagian memang baru memulai dalam artian baru menjajaki tanaman porang ini, kata Fajarman.

Baca Juga :  Gubernur Jambi Al Haris : Masyarakat Memerlukan Kehadiran Pers

“Kami mengharapkan para petani porang terus menjalin kerjasama dengan sesama perkumpulan petani porang baik dalam Provinsi Jambi maupun lintas Provinsi mengingat bahwa prospek kedepan memang sangat menjanjikan, semoga melalui tanaman porang dapat mengangkat nama Kabupaten Merangin dan Provinsi Jambi,” sambung Fajarman.

Ketua APPM Asy Syahrul, melaporkan sesuai Surat Keputusan Kementerian Pertanian RI bahwa tanaman porang termasuk salah satu komoditi binaan Kementerian Pertanian tanaman pangan dari jenis umbi-umbian, dan sesuai dengan Surat Gubernur Jambi tentang pengembangan tanaman porang menjadi ekonomi unggulan.

“Berdasarkan surat tersebut, kami sudah memulai menanam porang sebanyak lebih kurang 600 ribu batang dengan luas lahan lebih kurang 15 hektar. Kami juga sudah memiliki anggota sebanyak 40 orang dan berdiri sejak tanggal 22 Agustus 2021,* kata Syahrul.(us/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Zabak.id. Mari bergabung di Channel Telegram "Zabak.id", caranya klik link https://t.me/zabak.id, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkait

Romi Panik, Dukung Laza, Hich atau Istri Sendiri di Pilbup Tanjabtim 2024
Sinyal Gerindra Dukung Haris-Sani Menguat, Haris-Sani Hadiri Acara di Rumah SAH
Mess Jambi di Masa Gubernur Jambi Al Haris (1) : Tak Ada Lagi Kesan Angker
Sering Salahgunakan Profesi, JMSI: Tendik di Minta Jangan Takut dan Gentar Hadapi Oknum Wartawan
Ruas Jalan Salah Satu di Tanjab Timur Bak Kubangan Kerbau
10 Tahun Romi Jabat Bupati Tanjab Timur, Warga : Pentingkan Sirkuit Ketimbang Jalan Rusak
Gubernur Al Haris Terima Penghargaan dari Densus 88, Berperan Dukung Pencegahan Terorisme dan Deradikalisasi Eks Napiter
Injury Time, KPU Tanjab Timur Tidak Menerima Berkas Pendaftar Calon Perseorangan

Berita Terkait

Minggu, 19 Mei 2024 - 23:55 WIB

Ketua FMP2J : Jangan Percaya Oknum Pengamat Politik yang Nyaleg Bae Gagal

Minggu, 19 Mei 2024 - 17:35 WIB

Final dari PAN! Pilgub Jambi Al Haris dan Pilbup Tanjab Timur Laza, Kemanakah Romi Kader Murni akan Berlabuh?

Minggu, 19 Mei 2024 - 14:35 WIB

Romi Panik, Dukung Laza, Hich atau Istri Sendiri di Pilbup Tanjabtim 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 11:49 WIB

Yudi Hariyanto EY Tegas Dukung Al Haris Untuk Gubernur Periode ke 2, ini Kata sekjen DPD NasDem Tanjab Timur

Sabtu, 18 Mei 2024 - 20:11 WIB

KPU Jambi di Minta Waspada, Diduga ada Oknum Cakada Pecandu Narkoba

Sabtu, 18 Mei 2024 - 18:00 WIB

Gelar Halal Bi Halal, APDESI Jambi Solid Dukung Program Jambi Mantap

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:01 WIB

Sinyal Gerindra Dukung Haris-Sani Menguat, Haris-Sani Hadiri Acara di Rumah SAH

Sabtu, 18 Mei 2024 - 09:20 WIB

Mess Jambi di Masa Gubernur Jambi Al Haris (1) : Tak Ada Lagi Kesan Angker

Berita Terbaru