Dihadapan Mahasiswa UNJA, Kemas Alfarabi Beri Materi Physics Star Hadapi Era 4.0 dan 5.0

Zabak.id, JAMBI – Kemas Alfarabi dan Youtuber Fiki Naki menjadi Pemateri Seminar Physics Star yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi, Minggu 2 Oktober 2022.

Dalam kesempatannya, Kemas Alfarabi menyampaikan menghadapi tantangan industri 4.0 dan Society 5.0 era disrupsi dimana teknologi akan melahirkan berbagai profesi yang kini belum ada dan meniadakan sebagian profesi yang ada saat ini.

Menurut Kemas, Banyak tenaga kerja global beralih profesi dan pekerjaan digantikan artificial intelligence. Untuk menciptakan SDM unggul maka kita harus menguatkan pendidikan karakter, deregulasi dan debirokratisasi, peningkatan investasi dan inovasi, penciptaan lapangan kerja serta pemberdayaan teknologi.

Baca Juga :  Pemkab Batanghari Targetkan Investasi Setara Dengan Nilai APBD Muara Bulian

“Proses terwujudnya pembinaan, pembelajaran dan percetakan karakter mahasiswa dengan melakukan pembelajaran secara independen seperti magang, proyek didesa, pertukaran mahasiswa, riset, kegiatan wirausaha, proyek independen dan proyek kemanusiaan sehingga mendorong pengembangan kepemimpinan, general edukasi, entrepreneurial mindset melalui literasi data, literasi teknologi, literasi manusia dan experiental learning,” kata Kemas Alfarabi.

Anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Jambi tersebut juga mengingatkan menghadapi tantangan kompetisi global kedepan mahasiswa jurusan fisika UNJA dituntut memiliki kemampuan riset, analisis, rasional, pemikiran terstruktur, matematika dan kemampuan problem solving dengan metode perencanaan strategis untuk mengevaluasiKekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman (SWOT).

Baca Juga :  DPRD Tanjabtim Rombak AKD, Berikut Susunan Terbarunya;

“Mahasiswa yang sedang berproses masa pendidikan Perkuliahan saat ini mengembangkan kompetensi diri, akses informasi knowledge/pengetahuan, network dan literasi dan nantinya memberi kontribusi kombinasi antara fisika digital dan informasi secara bersama-sama dengan aktif dalam organisasi intra dan ekstrakurikuler, menjaga integritas moral, komunikatif, berpikir kritis dan kedekatan dengan massa serta mengurangi self interest. Berjuang, berproses dan menempa diri untuk kompetisi masa depan,” ujarnya.

Acara kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab selama 45 menit dari 3 peserta yang di jelaskan oleh putra mantan rektor unja ini secara detail dan komprehensif menghadapi persaingan dunia kerja ke depan.

Baca Juga :  Besok, Rakerwil PAN Jambi Dihadiri Langsung Zulkifli Hasan

Sementara itu, Fiki Naki menceritakan pengalamannya dari awal menjadi youtuber sejak tahun 2019 yang lalu dan berbagi kiat kesuksesannya meraup banyak viewers. Dalam kesempatannya ia juga mengatakan bahwa dengan kemampuannya yang menguasai 6 bahasa asing, melalui konten bincang-bincang Native Speaker di Ome TV. Akun kanal Youtubenya sudah mendapat 5,87 juta subscriber dan unggahan lebih 300 video. (us/adv)