H Bakri dan Karir Politiknya

Jumat, 21 Januari 2022 - 12:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

IST: H A Bakri HM SE

IST: H A Bakri HM SE

Penulis: Arwin Saputra

Zabak.id – Aku ini bukan apa-apa kalau tanpa rakyat. Aku besar karena rakyat, berjuang karena rakyat, dan aku penyambung lidah rakyat. (Soekarno).

Kata-kata bijak diatas pantas disematkan untuk H Bakri, Anggota DPR RI tiga periode dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) yang betul-betul peduli dengan rakyatnya.

Mendengar nama H Bakri pasti sudah tak asing lagi ditelinga kita semua. Pasalnya, Putra Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur itu dikenal ramah dan vokal menyuarakan aspirasi masyarakat, khususnya dalam upaya memajukan infrastruktur di jambi.

Bang Haji, sapaan akrab H Bakri memulai karir politiknya ketika dia dipercaya menjabat sebagai bendahara DPW PAN Jambi.

Berikut jejak karir H Bakri di dunia politik:

Terpilih Menjadi Anggota DPR RI Dapil Jambi Periode 2009-2014

Untuk memantapkan langkahnya di dunia politik, di tahun 2009 Bakri mengikuti pemilihan calon legislatif. Alhamdulillah berkat doa dan dukungan masyarakat, H Bakri terpilih bersama dengan Ratu Munawwarah, istri mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin, yang sama-sama dari fraksi PAN. Waktu itu PAN Jambi di nahkodai pak Zul sapaan akrab Zulkifli Nurdin.

Baca Juga :  RAK ke 5 Berjalan Kondusif, HMI Komsat TETA Unja Miliki Nahkoda Baru

Dalam pemilihan itu, H Bakri berhasil memperoleh suara terbanyak. Walaupun mendapat nomor urut empat dalam daftar caleg PAN untuk DPR RI Dapil Jambi, dia ternyata mampu menjadi salah satu calon legislatif dengan perolehan suara terbanyak di antara tujuh wakil Jambi di DPR RI.

Di Senayan, Bakri menjabat sebagai anggota komisi V yang membidangi Infrastruktur dan perhubungan.

Kemudian Bakri terpilih menjadi salah satu unsur ketua di DPP PAN sebagai Ketua Bapilu PAN untuk wilayah Jambi-Bengkulu.

Kembali Terpilih Menjadi Anggota DPR RI Dapil Jambi Periode 2014-2019

Dengan prolehan suara sebanyak 79.625 suara ditahun 2014, H Bakri kembali dipercaya masyarakat Jambi untuk menyampaikan aspirasinya di senayan.

Kepercayaan masyarakat Jambi itu tidak terlepas dengan seringnya H Bakri turun kelapangan baik itu menyerap aspirasi masyarakat, silaturahmi, diskusi atau pun meninjau langsung pembangunan yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Di Senayan H Bakri juga menjabat sebagai Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) yang merupakan salah satu alat kelengkapan DPR RI yang bertujuan menjaga serta menegakkan kehormatan dan keluhuran martabat DPR sebagai lembaga perwakilan rakyat.

Baca Juga :  Meneguhkan Kekeluargaan, BMKJ Sukses Gelar Sarasehan dan Silaturrahmi

Tak sampai disitu, pada periode 2014-2019 juga, H Bakri menerima penghargaan sebagai Wakil Rakyat Terbaik bersama dengan Bambang Soesatyo (Fraksi Golkar) dan Utut Ardianto (Fraksi PDIP), Cucun Ahmad Syamsurijal (Fraksi PKB) di Dapil Jawa Barat II, Melani Leimena Suharli (Fraksi Demokrat) Dapil DKI Jakarta II, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Fraksi Gerindra) Dapil DKI Jakarta III.

Terpilih ke tiga kalinya pada periode 2019-2024

Pada periode 2019-2024, H Bakri kembali terpilih dengan prolehan suara sebanyak 82.447 suara. Dan H Bakri adalah satu-satu nya Anggota DPR RI terpilih dari fraksi Partai Amanat Nasional dapil Jambi.

Selama menjabat sebagai wakil rakyat, H Bakri telah banyak memperjuangkan proyek APBN untuk pembangunan di Provinsi Jambi. Seperti, BSPS, PAMSIMAS, KOTAKU, PISEW, SANDES, ABSAH, Jembatan Gantung, Revitalisasi Sekolah, Tanggul, Irigasi Desa, Normalisasi Sungai, Halte Sungai, Pelebaran dan Perbaikan Jalan, dan lain-lain.

Tiga periode di DPR RI, H Bakri selalu menjabat sebagai anggota komisi V, yang membidangi, infrastruktur dan perhubungan, dengan mitra Kerja, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional, Badan Penanggulangan Lumpur Sidoardjo (BPLS), Badan Pengembangan Wilayah Surabaya- Madura (BPWS), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Bidang Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi).

Baca Juga :  Gubernur Jambi Al Haris : Masyarakat Memerlukan Kehadiran Pers

Tak hanya itu, di Tahun 2019 H Bakri juga terpilih secara aklamasi sebagai ketua DPW PAN Provinsi Jambi periode 2020-2025. Dan di bulan Januari tahun 2022 H Bakri resmi dilantik sebagai Ketua DPW PAN Provinsi Jambi.

Untuk diketahui, selama menjabat sebagai anggota DPR RI, H Bakri membuat Rumah Aspirasi yang beralamat di Jelutung di kawasan kota Jambi yang berfungsi sebagai tempat menyerap aspirasi masyarakat Jambi, dan sebagai Monitoring Evaluasi (Monev) kegiatan yang telah diperjuangkan H Bakri dari desa ke senayan

Apakah H Bakri akan kembali maju di pemilihan legislatif periode 2024-2029?

H Bakri belum mau menjelaskan apakah nanti dirinya akan kembali maju sebagai anggota DPR RI dapil Jambi. Karena dirinya masih fokus untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di Senayan khususnya untuk kemajuan pembangunan infrastruktur di Provinsi Jambi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Zabak.id. Mari bergabung di Channel Telegram "Zabak.id", caranya klik link https://t.me/zabak.id, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkait

KPU Tanjab Timur Gelar Rakor Sosialisasi Penyerahan Dukungan Calon Perseorang Untuk Pilbup
Sambangi Ketua PWI Kota Jambi, Ini Yang Disampaikan Kepala Imigrasi Kelas I TPI Jambi
Halal Bi Halal DPC PERADI Jambi Berbagi dan Peduli Terhadap Anak Yatim Piatu
Ketum HIPKA KAHMI Kunjungi Kedai Sayur 24 Yogyakarta
Romi dan Al Haris, Siapakah yang PHP?
Yuk Intip Sepak Karir Muslimin Tanja
Lanjut 2 Periode, Al Haris Kembalikan Langsung Formulir Pendaftaran ke Demokrat
Didampingi Ketua DPD Partai Golkar Tanjab Timur, Muslimin Tanja Mendaftar ke PKS

Berita Terkait

Kamis, 2 Mei 2024 - 19:33 WIB

Gagal Tundukkan Irak, Peluang Indonesia Tampil di Olympiade Paris Makin Tipis. Lawan Guinea Bukan Kaleng kalengan..?

Kamis, 2 Mei 2024 - 19:28 WIB

Hardiknas 2024: Pinto Tekankan Peran Pendidikan dalam Meningkatkan IPM Jambi

Kamis, 2 Mei 2024 - 19:24 WIB

KPU Tanjab Timur Gelar Rakor Sosialisasi Penyerahan Dukungan Calon Perseorang Untuk Pilbup

Kamis, 2 Mei 2024 - 13:26 WIB

Pentingnya Pendidikan, Kohati Tanjab Barat Gelar Lomba Mewarnai Tokoh Ki Hajar Dewantara

Senin, 29 April 2024 - 22:46 WIB

Sambangi Ketua PWI Kota Jambi, Ini Yang Disampaikan Kepala Imigrasi Kelas I TPI Jambi

Minggu, 28 April 2024 - 20:28 WIB

Halal Bi Halal DPC PERADI Jambi Berbagi dan Peduli Terhadap Anak Yatim Piatu

Minggu, 28 April 2024 - 14:51 WIB

Ketum HIPKA KAHMI Kunjungi Kedai Sayur 24 Yogyakarta

Minggu, 28 April 2024 - 12:45 WIB

Gubernur Al Haris Sebut Sekoja Sebagai Kota Santri

Berita Terbaru

OPINI

Evolusi Visi ‘Jambi Mantap Terdepan’

Kamis, 2 Mei 2024 - 19:45 WIB